11.10.2008

Hari Pahlawan


Selamat Hari Pahlawan...

Apa siy arti Hari Pahlawan bagi kita?
Cuma upacara panjang yang membosankan (jatuh pas hari Senin lagi!) atau ada hal-hal khusus dibenak kita?

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki banyak pahlawan. Selain pahlawan kemerdekaan, ada pahlawan nasional yang tidak melulu bertempur tapi dilihat dari perjuangan diplomasi, kontribusi pendidikan sampai kesetaraan gender.

Ehmmm..
Kadang gw CUMI (cukup miris) melihat keadaan bangsa ini.. yaaahhh.. siapa yang berjuang, siapa pula yang ngerasain 'kemerdekaan'?!. Tapi whatever lah, kita toh ga mungkin terus terpuruk dalam ketidak berdayaan, dalam kekecewaan, juga dalam kepasrahan yang tiada usaha. Lupain semua rasa itu!. Kita juga harus tetap 'berjuang', harus tetap berusaha, berusaha selalu memberikan yang terbaik.. minimal untuk lingkup kecil ditengah kita!

Balik lagi ke Hari Pahlawan...
Menurut kalian yang berhak menjadi pahlawan bangsa ini itu siapa aja siy?
Waktu gw masih kecil, bayangan pahlawan bangsa itu adalah mereka yang bertempur melawan penjajahan Belanda. Dengan selempang peluru di badannya, bambu runcing atau menghunus pedang. Gagah berani, walau pada akhirnya kalah dan gugur. Tentu saja karena gw besar dalam masa pendidikan, membuat kesan sisi heroik pertempuran saja yang dikupas sebagai mitos kepahlawanan.
Tapi setelah besar (cieee... besar! hahaha).. gw melihat.. bahwa pahlawan bangsa itu adalah seseorang yang rela berkorban demi Indonesia Raya.. siapapun itu.. ada atau tidak ada medali! Pahlawan bangsa ini menurut gw adalah ribuan atau bahkan jutaan anak negri tanpa nama, tanpa nisan yang berjuang tanpa pamrih demi kita, demi Indonesia!

Tapi rasanya kok dari tahun ke tahun hari pahlawan semakin 'tidak bergaung' bahkan nyaris terlupakan!

Tapi wajar sih kalo orang banyak yang tidak inget sama hari pahlawan. Alasannya macam-macam, mungkin ada yang bilang ga penting, ada yang emang tidak peduli, ada yang merasa tidak kenal siapa itu pahlawan-pahlawan yang harus dikenal, ada yang merasa sok jadi nasionalis pakai hari pahlawan segala, dan malah ada yang mengira buat apa hari pahlawan, toh kita pun sampe sekarang belom 'merdeka'.

Yaahh.. ga nyalahin juga sih ... tapi ada baiknya hari ini 10 November, yang juga disebut-sebut sebagai hari pahlawan.. gw (kita, kalo bisa!) melakukan refleksi untuk sadar bahwa masih banyak pahlawan di sekitar kita yang perlu dihargai. Mereka bisa siapa saja, yang pasti nyokap kita, bokap kita, guru kita, aktivis lingkungan, perusuh sekolah, tukang sapu jalanan, atau bisa jadi mbak atau bibi yang membantu di rumah.

Mereka semua punya kontribusi kepahlwanan masing-masing, karena menurut gw pahlawan itu bukan saja para pejuang kemerdekaan, tapi juga siapa saja yang bisa memperjuangkan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas apa yang dianggapnya benar untuk kebaikan banyak orang tanpa melukai orang lain serta tanpa mengejar imbalan yang berlebihan.

Momen ini bisa jadi refleksi sekaligus pertanyaan bagi kita semua, seberapa besar kontribusi 'kepahlawanan' kita bagi lingkungan yang ada disekitar kita? Just ask and answer it by yourself….

Naga bonar berkata :
Apa kata dunia?
Hormatilah para pendahulumu
Jika tidak, siap-siaplah kita
akan dilupakan oleh anak cucu kita
hingga sejarah terhapus begitu saja.


5 comments:

  1. Selamat Hari Pahlawan!


    special form Malaysia!

    hehehe.

    ReplyDelete
  2. sama-sama..

    oh.. hari pahlawan itu untuk pahlawan Indonesia yang telah berjuang habis-habisan ya??

    ReplyDelete
  3. Gw mau tambahiin,,. pahlawan itu nggak sama sekali harus punya senjata.. atau mati di medan perang,.. yang penting pengorbanan dia untuk negara... adakah dia benar2 berkorban untuk negara??,,. atau cuma sekadar penuhkan cita-cita,,. jadi andai kita itu berkorban utk kesejahteraan , kemakmuran dan, keselamatan juga kemajuan negara.. bisa-bisa kita itu juga bisa dipanggil pahlawan... cuma bidang nya beda.., tapi misi nya tetap sama maukan negara itu selamat aman makmur juga maju berjaya. BENAR NGGAK..

    ReplyDelete
  4. baggas !

    pinter bgt kau nak .
    hha .

    mkin ng.fans d am baggas !
    sukses yya nak !
    hha .

    padahal kitta seumur loh .
    ahahai

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas