1.11.2009

MENGELUH ??!


' Guru gw kelewatan masa masuk telat 15 menit mesti lagi keliling lapangan!'

'PR gw ditambahin melulu tiap hari, padahal kan gw juga butuh seneng-seneng!'


'Nyokap gw banyak nuntut niy.. masa gw mesti urusin ade!'

'Bokap gw kebangetan deh.. masa gw minta mobil baru aja ga boleh!"

Kita semua melakukan hal tersebut setiap saat tanpa menyadarinya.

Tahukah lo semakin sering kita mengeluh, maka semakin sering pula kita mengalami hal tersebut.

Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini menjadi suatu kebiasaan dan parahnya lagi mengeluh menjadi suatu kebanggaan. Bila kita memiliki dua orang teman, yang pertama selalu berpikiran positif dan yang kedua selalu mengeluh, Anda akan lebih senang berhubungan dengan yang mana? Menjadi seorang yang pengeluh mungkin bisa mendapatkan simpati dari teman kita, tetapi tidak akan membuat kita memiliki lebih banyak teman dan tidak akan menyelesaikan masalah kita, bahkan bisa membuat kita kehilangan teman-teman kita.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita mengeluh? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita. Bagaimana kita mengatasi hal ini. Caranya sebenarnya gampang-gampang susah, kita hanya perlu bersyukur.

Saya percaya bahwa di balik semua hal yang kita keluhkan PASTI ADA hal yang dapat kita syukuri.

Sebagai ilustrasi, kita mengeluh dengan pekerjaan kita. Tahukah kita berapa banyak jumlah orang yang tidak mampu yang ada di Indonesia ?

Bersyukurlah karena kita telah diberikan kepercayaan oleh orang tua atau guru kita, mungkin dengan lebih rajin siapa tahu kita bisa mendapatkan lebih cepat dan lebih banyak dari yang kita harapkan.

Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup kita akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama kita, karena kita dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan kita karena kitaa terlalu sibuk mengeluh.

Try it now:

1. Bersyukurlah setiap hari setidaknya satu kali sehari.

Bersyukurlah atas pekerjaan, kesehatan, keluarga atau apapun yang dapat disyukuri. Ambillah waktu selama 10-30 detik saja untuk bersyukur kemudian lanjutkan kembali kegiatan lainnya.

2. Jangan mengeluh bila akan menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini:
  • Tutuplah mata tarik nafas panjang
  • Tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut
  • Buka mata
  • Tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti kita akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.
3. Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh dan beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan lihatlah perubahan dalam hidup.

'Semakin banyak bersyukur kepada Tuhan atas apa yang kita miliki, maka semakin banyak hal yang akan miliki untuk disyukuri.'



8 comments:

  1. Jangan sesekali mengeluh, apabila sekali kita mengeluh, selangkah harapan akan menjauh daripada kita. Fikir -fikirkan...

    ReplyDelete
  2. hi there~i really luv ur writing. u are a good writer. i will add u to my blogger link ok?

    ReplyDelete
  3. hai gue tisya dari malaysia.salam perkenalan.

    ReplyDelete
  4. bagus banget.. menginspirasi..
    awal dari kebahagiaan adalah ketika kita bersyukur, jangan sedih bila ketika kita kehilangan barang yang kita miliki karena sesungguhnya kita tidak pernah memilikinya, itu hanyalah titipan. Dan bersyukurlah karena ketika kita kehilangan kita telah diberi keringanan atas kembalinya amanat yang tuhan berikanl. :)

    ReplyDelete
  5. Keren kata2nya :) Salut deh buat ka Bagas ;D

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas