6.25.2008

The Kite Running



Suer Sob! Buku ini layak dibaca... Layak juga udah terjual 8juta copy dan layak difilmkan.. Ceritanya mengharu biru, bikin kita berpikir tentang arti sebuah persahabatan, tentang arti sebuah jalan kecil yang diambil, yang beresiko terhadap seluruh perjalanan hidup kita selanjutnya!

Amir adalah anak orang kaya yang mempunyai pelayan bernama Ali, nah Ali ini mempunyai anak yang berbibir sumbing bernama Hasan, Hasan lebih muda 1 tahun dari Amir dan mereka berdua sama-sama ditinggal ibu mereka. Amir ditinggal meninggal menghadapNya sementara Hasan ibunya pergi entah kemana. Hasan terlahir dari bapak yang juga pelayan dan ibu yang 'nakal'. Hasan berasal dari suku Hazara (suku 'rendah' di Afganistan). Suku Hazara ini adalah suku yang ber 'kasta' rendah yang halal dihinakan dan diperlakukan seenaknya di Afganistan.

Hasan adalah perpaduan antara pelayan yang setia (yang mau berkorban dan melakukan apa saja untuk Amir -dikisahkan Hasan mau makan tanah jika Amir memintanya!-) dan sahabat sejati. Hasan selalu ada untuk menolong Amir, mereka bagai anak kembar.. Baba (ayah Amir pun sangat mencintai Hasan .. diakhir kisah diketahui ternyata Hasan adalah anak dari Baba juga.. anak haram.. -serem-.

Sampai pada satu kejadian dimana Hasan di keroyok oleh 3 orang temannya.. Amir punya pilihan yaitu menolong Hasan atau berlari seolah tidak melihat kejadian dimana Hasan disakiti secara seksual..Tapi Amir memilih pilihan kedua, dan pilihan itu menghantuinya sepanjang sisa umurnya..

Amir merasa berdosa kepada Hasan dan tidak tahan berada didekat Hasan bahkan tidak dapat lagi memandang wajah Hasan. Amir tidak tahan menanggung kesalahan pilihannya, akhirnya Amir melakukan satu kesalahan lagi yaitu memfitnah Hasan sehingga Hasan dan Ali keluar dari rumah Amir..

Dan perang di Afganistan pun terjadi, Amir dan Baba pergi ke USA dan sampai 26 tahun kemudian datanglah surat dari Rachim Khan (teman Baba dan sahabat bagi Amir) yang meminta Amir kembali ke Afgan dan menebus kesalahannya!

Selanjutnya?
baca aja deh..
Seru kok..
Banyak pelajaran yang kita petik dari buku ini!

1 comment:

  1. udah liat filmnya belom? heem filmnya gag asik, masih asikan bukunya... kite runner good book, blajar memahami karakter orang, gw ampe empet ma si Amir waktu mitnah si hasan...

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas