10.30.2008

Air Putih


80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah.

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.
Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari ?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri.
Caranya...?
Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak? Belum sampai segitunya (wiihh bayangkan otak kering gimana jadinya), melainkan dari sumber terdekat : darah. Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah.

Eh, tadi gw udah bicara tentang otak 'kan...? Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. (yah
wajarlah namanya juga kurang makan...)

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental...), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

Sekarang tinggal anda pilih : melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari - atau "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke. Anda yang pilih...!

5 Alasan Minum Banyak Air

Air penting bagi tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Tubuh terdiri dari sekitar 70 persen cairan dan kita hanya bisa bertahan selama kira-kira satu minggu tanpa air, sehingga hidup nampaknya sangat beralasan untuk minum banyak air.


Tetapi mengapa air itu baik bagi tubuh, berikut 5 alasannya:

* Air dapat menyejukan

Ditengah hari yang begitu panas kadang kita tidak memperhatikan kita tengah berkeringat. Keringat dapat dengan cepat menguap dari kulit dimana kita tidak menyadari seberapa banyak kita harus minum.

Keringat dapat menjadi suatu pengingat untuk meningkatkan minum air.Jika kita tidak memiliki cukup air untuk memproduksi cukup keringat, volume darah kita akan menurun sehingga sistem sirkulasi bermasalah. Gejalanya antara lain pusing, merasa sakit atau mengalami kesulitan bernapas.

* Mengumpulkan zat-zat makanan

Air membantu memindahkan zat-zat makanan melalui aliran darah ke berbagai bagian tubuh berbeda, dimana mereka butuhkan. Juga beberapa jat makanan yang larut dalam air sehingga dapat diserap dengan air.

* Mempermudah proses pembuangan

Jika kita kekurangan air maka akan mudah terjadi sembelit. Dan pergi ke kamar mandi akan membuat frustasi dan bahkan sakit ketika kotoran mengeras, susah untuk dikeluarkan.

* Menjaga kulit tetap halus

Karena sel mengandung air, mereka sangat mengandalkan air jika pasokan sangat baik dan memberikan penampilan kulit nampak sehat. Tetapi ketika tidak ada cukup air, kita cenderung terlihat lebih lelah dan jika terjadi dehidrasi nampak lebih mengkerut.

* Bebas dari batu ginjal

Batu ginjal terjadi ketika sisa bahan yang tidak terpakai atau komponen lain yang melalui ginjal bergabung dengan komponen sampah lain. Terbentuklah batu kecil seperti pasir dan tumbuh sebesar batu jika kekurangan air. Jika kita banyak minum kerikil tersbeut akan tersapu oleh air.

Sebagian besar orang menunggu sampai haus untuk minum segelas air tetapi haus adalah tanda awal dehidrasi . Pusing, sakit kepala, pegal-pegal dan rasa sakit adalah indikator kekurangan air.

Mengapa Air Putih?

Pernahkah bertanya-tanya, mengapa kita harus meminum banyak air putih? Disini telah terkumpul beberapa alasan kenapa kita diharuskan minum banyak air putih. Tentu saja, kamu ingin memastikan bahwa air putih yang kamu minum itu sehat dan rasanya juga nikmat.

Kita semua tahu bahwa air putih itu bermanfaat, tetapi apakah kita semua tahu bahwa setiap sistem di tubuh kita tergantung oleh air? Ini adalah 10 alasan mengapa air putih itu bermanfaat dan mengapa kita harus minum 8-10 gelas air setiap hari.

1. Kulit Sehat
Minum air putih dapat melembabkan kulit dari dalam. Air putih itu perlu sekali untuk merawat elastisitas dan kelembutan, serta mencegah kulit kering.

2. Menurunkan Berat Badan
Meningkatkan konsumsi minum air putih membantu pengontrolan berat badan. Air putih juga menjaga sistem tubuh, termasuk metabolisme dan pencernaan, cara kerja teratur, dan memberi energi lebih yang penting untuk berbagai kegiatan.

3. Menghilangkan Racun
Dengan meminum air putih secara teratur dan tepat, dapat membantu menghilangkan racun di ginjal dan Hati.

4. Mengurangi Serangan Jantung
Melalui penelitian di di Loma Linda University telah di ketahui bahwa diantara 20.000 pria dan wanita sehat , yang meminum lebih dari lima gelas air putih dapat terhindar dari serangan atau penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang meminum air putih tidak lebih dari 2 gelas per harinya.

5. Sebagai Pelindung dan Pelumas Persendian dan Otot
Air putih berperan besar sebagai cairan yang melumasi otot-otot dan persendian yang ada dalam tubuh. Minum air putih sebelum, selama, dan sesudah beraktivitas membantu mengurangi kejang otot dan kehabisan kelelahan.

6. Buang Air Besar Teratur
Air Putih membantu mencegah sembelit, yaitu dengan adanya tambahan cairan di usus besar, memperlancar dan mempermudah jalannya buang air besar.

7. Bersemangat dan Tetap Siaga
Rata-rata, orang dewasa kehilangan 10 gelas cairan setiap harinya, melalui keringat, air seni, pernapasan, dan buang air besar. Bahkan dehidrasi minor dapat mengganggu konsentrasi, sakit kepala, lekas marah, dan kelelahan.

8. Menstabilkan Suhu Tubuh.
Keringat adalah mekanisme alamiah tubuh yang mengontrol suhu tubuh. Bila ingin berkeringat, minumlah air sebayak-banyaknya, agar suhu tubuh normal.

9. Mengurangi Resiko Penyakit dan Infeksi.
Air putih dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal, kandung kemih, gejala ginjal, dan infeksi saluran air seni. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa wanita yang meminum lebih dari 5 gelas air putih mengurangi kemungkinan terjangkit kanker usus besar dibandingkan dengan mereka yang minum air putih kurang dari 2 gelas per hari.

10. Lebih Baik
Resep tradisional yang mengatakan " minum banyak air putih " ketika sedang sakit sangat manjur. Air putih bermanfaat untuk mengontrol demam, mengganti cairan yang hilang, dan mengurangi lendir di Hidung.

6 comments:

  1. hm...
    satu informasi yg sangat bagus..
    keep it up...:-)
    how about if we take lot of water??
    i mean over than 2litter per day...?
    it is will give effect to our body??

    ReplyDelete
  2. hm. bener banget!

    air amat penting buat kita smua.
    bayangkan jika suatu hari nanti, air tiada lagi dibumi ini..

    Lets think for a while..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sedikit ralat bwt kmu,air mineral kali bkan air putih.kan susu warnanya putih.
    tpi kuw g suka air mineral.....

    ReplyDelete
  5. waah.. iya, orang yang kurang minum air bakal kena penyakit ginjal. dan tau nggak, Gas? kalo udah kena penyakit ginjal, wuiih, komplikasinya bisa ke organ-organ yang lain, kayak jantung, otak, ihh sereem..
    so, minumlah demi ginjalmu.. ;p

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas