10.14.2008

Jejak Dinosaurus di Arab


Image fosil dinosaurus sangat jarang ditemukan di Jazirah Arab. Tetapi kini jejak kaki dinosaurus yang dibuat 150 juta tahun lampau di daerah yang sekarang wilayah Yaman ditemukan. Ini adalah jejak kaki pertama hewan pra-sejarah itu yang ditemukan di Jazirah Arab. Dua jejak kaki berbeda dibuat oleh sekelompok yang terdiri 11 ekor sauropoda dan seekor dinosaurus berkaki dua pemakan tumbuh-tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga ornithopoda.

Kedua jejak kaki itu tidak diketahui keberadaannya karena tertimbun kerikil dan bebatuan lainnya. Fosil dari daerah itu sangat jarang ditemukan, dengan hanya sedikit fosil dinosaurus yang dapat dikenali. Temuan ini memperlihatkan bahwa beberapa jenis dinosaurus hidup dalam jumlah besar di kawasan Timur Tengah


Seorang wartawan Yaman menemukan jejak kaki pertama di desa Madar di utara ibukota Sana'a. Jejak kaki itu kemudian diklasifikasikan sebagai jejak hewan jenis ornithopoda, dinosaurus besar berkaki dua yang hidup antara Periode Trias Akhir dan Periode Kapur Akhir.

Pada tahun 2006, seorang ahli geologi di Universitas Sana'a di Yaman menemukan satu rumpun jejak kaki berbentuk bulat mirip jejak kaki gajah dari satu keluarga dinosaurus berbeda, sauropoda raksasa berkaku empat dan berleher panjang.

Dr Anne Schulp dari Musium Sejarah Alam Maastricht di Belanda pergi ke Yaman untuk membantu penelitian tersebut. "Yang menggembirakan tentang jejak kaki sauropoda itu adalah terdapat jejak satu kelompok hewan itu, 11 ekor yang berjalan ke arah yang sama," kata Dr Schulp kepada BBC.


Sampai saat ini, baru sedikit fosil dinosaurus dilaporkan ditemukan di kawasan Jazirah Arab, termasuk beberapa tulang-belulang dari Oman dan potongan yang diduga tulang leher dinosaurus dari Yaman. "Untuk pertama kalinya ditemukan jejak kaki dinosaurus di Jazirah Arab jadi ini penting," kata Dr Schulp.

Temuan ini memperlihatkan bahwa beberapa jenis dinosaurus hidup dalam jumlah besar di kawasan Timur Tengah.

No comments:

Post a Comment

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas