5.15.2008

Nge Blok itu Mudah

Menjawab banyak pertanyaan cara bikin blog..

Gw coba untuk jawab beberapa pertanyaan teman-teman.
Bukan berarti gw pinter tapi gw cuma kebetulan bisa aja dan caranya pun ga sesulit yang kita bayangin.

Caranya gini :

Buka alamat http://blogger.com/ maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Atau kalian daftar lewat my blog aja, lewat blog siapa saja juga sama kok, hanya ini cara yang paling mudah menurut gw.

Kemudian untuk memulai pembuatan blog klik aja tulisan "CIPTAKAN BLOG ANDA" atau "CREATE YOUR BLOG NOW" Trus lo akan masuk halaman kea gini nih Silahkan isi data yang diminta - Isi alamat email - Password yang akan digunakan untuk masuk ke blog kalian adalah password email - Nantinya nama tampilan : nama judul blog anda, dst.. Kalau sudah terisi semua cari tanda panah orange, klik disitu

Selanjutnya lo akan masuk pada halaman kedua (seperti gambar dibawah ini), seperti pada halaman pertama, isi semua data yang diminta.

isi Blog Title : ini nama judul blog kalian, mau bikin apa aja terserah mau bikin "Diary Bejo" atau isi nama kalian juga ga papa

Blog Address : ini alamat url blog yang akan diinginkan nantinya..kea gw misalnya "irshadi-bagas.blogspot.com". Oiya ada baiknya untuk mengecek apakah nama blog yang lo mau inginkan sudah digunakan orang lain apa belum

Setelah lo isi nama blog, klik tulisan " check avability"kemudian isi kode verifikasiklik continue.

Lo sekarang sudah memiliki sebuah blog, gampang n cepat kan..

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini..Chose a Template : Maksudnya lo dipersilahkan untuk memilih template yang anda inginkan, gampangannya kalau lo sering pakai winamp ini adalah pemilihan skin-nya, kalaupun nantinya lo dah bosan template ini bisa anda ganti.Tandai template yang anda inginkan, kemudian klik tombol continue

Selesai. Secara resmi lo sudah memiliki blog sekarang..

Kalau ingin mencoba posting silahkan klik start posting..

Dan lo bisa langsung tulis artikel dan judul pada kotak yang telah disediakan, lalu kalau mau tambah dengan gambar tinggal klik di bagian "add image" dengan ikon kotak biru, letaknya ada di kanan atas di bawah tulisan "edit html" di sebelah kanan tanda centang dengan huruf abc, selanjutnya ikuti petunjuk yang ada seperti lo kirim attachment file di email.

Foto atau gambar yang lo ambil bisa dari website atau dari file di komputer lo. Atau jika terlalu lama, lo bisa tingal "copy-paste" artikel dalam format ms word dengan mem-blok seluruh tulisan di ms word trus pindahkan di kotak posting blog tersebut. cobalah untuk meng klik seluruh item yang ada, jangan takut salah karena ini hanya masalah memahami manajemen desain saja.

Kalo sudah yakin dengan artikel yang mau ditampilkan di blog, jangan lupa klik "preview" dulu agar yakin bagaimana format tampilan nantinya, trus klik "publish" dengan terlebih dulu memasukkan kata sandi yang telah disediakan. Atau jika diketik langsung di layar blog dan tulisan belum selesai, bisa kamu klik "save as a draft". Biasanya perlu waktu beberapa menit sampai desain dan artikel keluar pada layar utama.

Jika mau masuk lagi, coba klik nama blog lo, misalnya irshadi-bagas.blogspot.com, nah jika sudah tampil layar berisi nama blog, silakan masukkan username dan password yang telah dipilih untuk blog di bagian atas pojok kanan [biasanya], kalau udah masuk, kamu klik "new post" untuk membuat dan menampilkan artikel atau tulisan2 mu atau "change setting" untuk memperbaiki setting atau tampilan blog atau "edit profile" untuk mengisi data-data baru tentang kalian... laen2nya silakan bereksperimen sendiri... mudah kok...(jangan lupa klik signout di sudut kanan atas jika kamu mau menutup kerjaan di blog, sama kalou mau keluar dari email, supaya orang lain tidak masuk)

SELAMAT MENCOBA.

No comments:

Post a Comment

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas