10.30.2008

Mazda5


Mobil ini gokil... idaman keluarga gw.. ehmm..kayanya ga mungkin dibeli deh, secara baru beli si Purple (Swift GT). Tapi sekedar tau dan kepingin gapapa kan? Hehehe

Mewujudkan semangat Zoom-Zoom, Mazda kembali melakukan pembaruan pada MPV andalannya, Mazda5. Secara cepat, perubahan yang langsung tertangkap mata adalah hadirnya sliding door atau pintu geser yang bisa dioperasikan oleh pengemudi menggunakan tombol yang tersedia.

Kesan mewah juga lebih menonjol, lebih comfort dan convenience pada MPV yang masuk ke Indonesia dari Jepang ini secara CBU (Completely Built-Up). Sedangkan aplikasi suspensi baru menghasilkan pengendalian yang lebih optimal untuk sebuah mobil keluarga.

Desain

Ketimbang pendahulunya, Mazda5 harus diakui tampil lebih aerodinamis. Terutama karena kontribusi perubahan pada bumper depan dan belakang. Grille five-point yang familiar dan tarikan garis moncong yang mengarah ke bawah, menghadirkan impresi pada kemampuan bermanuver di keramaian perkotaan.



Ditambah lagi perpaduan harmonis bumper depan dengan under-spoiler serta fog lamp housing, lebih memperkuat nuansa sporty sekaligus menghadirkan kesan low centre of gravity. Cluster lampu depan dan belakang ikut disesuaikan. Hasilnya, coefficient drag atau Cd Mazda5 sekarang menjadi hanya 0.29.

Untuk interior, Mazda5 tetap mengusung prinsip Karakuri dan lay-out tempat duduk yang fleksibel, khas MPV. Ini memungkinkan kabin dimuati hingga 7 orang penumpang dewasa tanpa mengganggu volume dan fleksibilitas ruang kargo.

Akses ke kabin pun lebih mudah karena aplikasi pintu geser yang memberi bukaan hingga 700 mm. Sedangkan di bagian belakang, digunakan pola dual power sliding rear door yang proses buka-tutupnya hanya perlu waktu sekitar 5 detik.

Sumber Tenaga

Mazda tak sekadar memberi perhatian pada sektor eksterior dan interior. Namun, juga menjangkau ke sumber tenaga. Mazda5 baru ini, menggunakan varian mesin bensin MZR 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 146 hp. Perubahan dilakukan pada beberapa aspek, termasuk pemakaian electronic throttle dan sequential valve timing (S-VT).

Aplikasi ini, selain memproduksi torsi yang lebih bagus pada putaran rendah juga menghasilkan respons lebih cepat di setiap perpindahan gear. Keunggulan ini, ditunjang oleh pilihan sistem transmisi otomatis 5-speed activematic.

Peningkatan kualitas pengendaraan, juga diperoleh dari new dampers di depan dan belakang serta penambahan toe-in geometry di roda belakang. Dari sini, aspek kenyamanan sekaligus kestabilan diperoleh. Baik ketika digunakan melibas tikungan, maupun pada kondisi muatan maksimum.

Keselamatan

Penggunaan booster rem yang lebih besar, dengan sendirinya meningkatkan respons pengereman Mazda5. Sedangkan faktor stabilitas, didukung pula oleh struktur Triple H-Body yang disebut MAIDAS (Mazda Advanced Impact Distribution and Absorption System).

Seperti teknologi RISE pada Mitsubishi, MAIDAS juga berfungsi mengoptimalkan rigiditas bodi dan mengabsorpsi energy benturan. Tapi agar aspek keselamatan lebih maksimal, peranti dynamic stability dan traction control system (DSC dan TCS) dijadikan fitur standar. Peranti ini, termasuk optimalisasi pengereman yang diperoleh dari fitur ABS dengan tambahan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Fitur keselamatan standar lainnya, berupa aplikasi lampu projector yang ketinggian sorot cahayanya bisa diatur secara manual. Sementara untuk keamanan pengemudi dan penumpang depan, sepasang airbag ditanam di lingkar kemudi dan dashboard untuk melindungi bila terjadi tabrakan. Di samping itu, masih terdapat 4 airbag lainnya sehingga penumpang Mazda5 terlindungi oleh total 6 airbag.

Spesifikasi Mazda5


Tipe: Medium MPV
Dimensi P/L/T: 4.555/1.755/1.615 mm
Wheelbase: 2.750 mm
Radius putar: 5.3 meter
Kapasitas tangki BBM: 55 liter

Tipe mesin: MZR 2.0 in-line 4 silinder DOHC
Jumlah katup: 16
Mekanisme katup: S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control)
Kapasitas silinder: 1.999 cc
Tipe transmisi: 5-Speed Activematic
Tenaga maksimum: 144 hp/6,500 rpm
Torsi maksimum: 180 Nm/4,500 rpm
Sistem pasokan BBM: Electric

Mekanisme kemudi: Rack & pinion
Tipe kemudi: EHPAS (Electro Hydraulic Power Assist Steering)
Suspensi depan: MacPherson struts
Suspensi belakang: Multilink
Rem depan: Cakram ventilasi
Rem belakang: Cakram solid
Velg: Alloy 16 inch
Ukuran ban: 205/55 R16

Harga: Rp 301,5 juta (on-the-road Jakarta)

5 comments:

  1. bagus ga mobil ini?
    menurut kmu,diantara mobil ini sama Swift GT.. mana yang lebih bagus??

    ReplyDelete
  2. To Kak Boy :
    Kelas nya beda kak.. ga bisa disamaiin.. harganya juga beda.. hahahaha

    ReplyDelete
  3. i already test drive it....
    such a convinience and powerful car!!

    memang gempak lah kereta nih....
    xD
    rekaan dalaman yang menarik...
    kamoo maw beli yaa...?
    hehe

    ReplyDelete
  4. hahaha.. iya?
    harga mobil Swift GT berapa?

    lebih mahal?

    atau..

    lebih murah?

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas