10.26.2008

Tentang Air Bersih di Bumi Kita


Jika lempengan es di Antarika mencair, permukaan laut akan meningkat karena lempengan es Antartika menyimpan hampir 90% es di bumi dan 70% dari air tawarnya.
Jika keseluruhan permukaan esnya mencair, permukaan air laut akan meningkat sekitar 220 kaki, atau setinggi gedung bertingkat 20.
Para ilmuan mengetahui bahwa pencairan es ini sedang tejadi. PBB mengatakan dalam skenario terburuk tergantung dari seberapa peningkatan temperatur global- permukaan air laut akan meningkat sbanyak 3 kaki (1 meter) pada tahun 2100.

Mari sejak sekarang kita belajar untuk SAVE OUR EARTH, karena es adalah mineral (dideskripsikan secara formal sebagai mineral pada Dana's System of Mineralogy) dan rata-rata jumlah air yang digunakan di seluruh dunia setiap harinya adalah sekitar 400 milyar galon, Total persediaan air di bumi ini adalah sebesar total persediaan air di bumi ini adalah 326 juta kubik mil (1 kubik mil air = lebih dari 1 triliun gallon) dan lebih dari 2 juta kubik mil air tawar yang tersimpan di bumi, hampir setengahnya berada 1/2 mil dari permukaan bumi. Mars juga nampaknya memiliki banyak air sekat permukaannya, tapi apa yang terdeksi sampai sejauh ini air ini masih tersimpan di dalam es (belum ada yang memperediksikan berapa banyak yang tersimpan di sana).
Mari kita berhitung berapa lama lagi kita bisa mendapatkan stok air bersih..ck..ck..ck



Hampir 70% Persediaan air tawar di bumi tersimpan di lempengan es Antartica (temperatur terendah yang pernah diukur di bumi adalah -129 derajat fahrenheit atau -89 derajat celcius di Vostok Antartica pada 21 Juli 1983) dan Greenland. Sisa dari persediaan air tawar tersebut terdapat di atmosfir, sungai, danau air bawah tanah yang hanya 1% dari persediaan air di bumi.

Greenland

Antarika

Persentasi air di bumi yang berada dilautan adalah Sekitar 97 %. Lautan menutupi hampir 2/3 dari permukaan bumi.yang artinya jika asteroid menabrak bumi kita kemungkinan terbesarnya adalah menghantam lautan..

Nah tunggu apalagi... AYO.. STOP GLOBAL WARMING.. Mulailah dari diri kita sendiri!

7 comments:

  1. apa yang sudah kamu lakukan untuk atasi global warming ini??

    ReplyDelete
  2. To Kak FadiLLa

    Ehmm. i cant doing anything to much.. paling aku amat hemat pemakaian kertas, kl ada pilihan buku atau e book, ak pilih e book. Berusaha mengurangi sampah plastik, kl belanja makanan lebih suka bawa kotak makanan sendiri daripada diplastikin tau berusaha beli barang yang keemasaan plastik dalam jumlah besar (spt shampoo dll), ehmm banyak lagi siy kak kl untuk disebutin satu satu.. but blm banyak tapi im try..

    ReplyDelete
  3. mari suarakan program geseru
    gerakan seratusrupiah...
    penjelasan di
    fadillazennifa.blogspot.com
    fadillaazeaza.multiply.com

    ReplyDelete
  4. bagus ..
    aku sih cuma jalan kaki atau naik angkot aja kalau kemana-mana
    lebih menggunakan fasilitas umum

    ReplyDelete
  5. di metro tv sering lo di tayangin pragram green minute.. atau naked science
    atau national geographic

    ReplyDelete
  6. To Fadilla Zennifa : Thanks 4 ur info! Nice Info Sist!

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas