10.15.2008

Cara Belajar Versi Gw



1. Tentunya jika mengikuti tips belajar dari gw, kalian bukan lagi masuk golongan siswa yang sukanya belajar SKS (sistem kebut semalam) pas mau ujian. Kalo mau dapet nilai maksimal, minimal 2 minggu sebelumnya udah menyiapkan materi. Saatnya merangkum!!

Semua catetan yang udah dibuat, dirangkum dan buat pointers. Jangan memberikan detail pada rangkuman.

2. Bisa memanfaatkan teknologi (lagi lagi teknologi) untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam membuat rangkuman. Kalo lu punya PC ato laptop dan printer, lu bisa pake cara ini. Eh, tapi pake komputer jangan buat maen game ato nonton u tube terus. Buat rangkumannya dengan cara mengetik di MS word.

Metode ngetik, dari pengalaman gw, justru ngga capek daripada kita nulis pake tangan. (makanya sampe sekarang tulisan tangan gw jelek banget!) Selain hasilnya lebih bagus, tangan ga cape, dan lebih cepat, bisa memodif catatan tanpa banyak coret dan tip ex….tinggal delete ato backspace. Hasilnya, tinggal diprint deh.

3. Selama 2 minggu ini sebelum ujian, kurangi aktivitas fisik seperti keluar malam, jalan2 ke mall, nongkrong ma temen, ngenet, hihihi…tahan dulu deh.. kecuali ada kerjaan yang mesti dikerjain demi seonggok Ford Everest (hahaha)

Rutinlah olahraga. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan, kalo perlu, minum asupan vitamin seperti C1000. Kondisi badanlu musti dijaga. Kekebalan tubuh musti ditingkatin. Istirahat juga musti cukup. Hindari begadang!!! Belajarlah dengan cara mencicil selama 2 minggu di siang dan sore hari. Boleh belajar malem tapi, jangan terlalu larut. Paling larut tuh jam 11, kalo bisa kurang dari itu. Belajar saat mata ngantuk sama aja nulis di permukaan air….ngga akan masuk dan jatohnya sia sia.

4. Kesalahan orang bodoh dan bego (dulu gw juga begini): yang dihapal adalah kata per kata sama persis dengan catatan.

Metode anak kecil begini mah fatal banget, padahal yang dibutuhkan adalah pemahaman materi, bukan hapal persis kata kata materi sesuai catetan. Selain hal ini membuat sulit menghapal (salah salah terus detail katanya, jadi frustasi)…ketika kita dihadapkan dengan konteks kasus dan bahasa yang berbeda, kita akan stuck. Kalo yang ngapalin PEMAHAMANNYA, pasti langsung tau apa yang dimaksud. Jadi, don’t be stupid, be smart.

5. Senjata yang dipunya sekarang adalah: CATATAN & RANGKUMAN.

Bagaimana mempergunakannya? Selama seminggu pertama, aturlah jadwal sedemikian rupa sehingga semua materi bisa terbaca dan terhapal. Metodenya begini, misalkan sebuah pelajaran catatannya ada 20 halaman. Maka, 20 : 7 hari = 3. Jadi tiap hari baca dan hapalin tiga lembar. Akhirnya, di hari terakhir di minggu pertama, Bisa selesein materi.
Nah, di minggu ke dua, baru lepas deh semua catetan. Sekarang bawa deh rangkuman ke mana mana. Terus tes hasil hapalan. Intip dari catatan judul suatu materi. Intip judulnya aja dari rangkuman. Dan mulailah menyebutkan dan menjelaskan apa saja isinya. Kalo lupa, boleh liat pointer, dan pasti akan inget dengan detail penjelasannya yang ada di catetan. Kalo udah liat pointer, tapi masih lupa detail, tandai dengan pulpen, ntar pas di rumah lu bisa review lagi. Jadi, di minggu ke dua ini, tugaslu adalah mengetes hapalan lewat rangkuman dan mereview kembali catatan.

6. Ulang pada H-1
Ujian mulai hari Senen. Nah di Minggu malemnya, tinggal memperkuat lagi deh hapalan. Dijamin, bakal cepet masuk! Untuk ujian hari Selasa, pastinya Senen malem perkuat lagi pelajaran berikutnya. Gampang kan? Untuk lebih jelasnya, gw kasih deh tabelnya.


7. Kenalilah Guru

Jika dia terkenal orang yang simple dan ngga suka banyak penjelasan, tulislah jawaban dengan singkat dan padat. Tapi jika guru itu terkenal sebagai guru yang suka dengan detail, penjabaran, deskripsi dsb, jawablah pertanyaan dengan jawaban yang penuh detail dan pemaparan. Jangan sampe salah! Ada guru yang ngga suka dengan jawaban yang panjang lebar, sehingga dia malas periksa dan kasih nilai sekedarnya. Ato guru yang curiga nyontek dengan jawaban yang singkat. Tanyalah langsung padanya, “Bapak suka yang mana sih, jawaban singkat dan padat, atau jawaban yang berupa pemaparan dan detail-detailnya?” Ato bisa tanya sama senior yang udah pengalaman sama dia.

8. Jangan duduk di dekat orang yang suka nyontek, panikan, rusuh, dsb.

Bagi tukang contek, akan selalu diserbu. Orang yang panikan, akan ikut tertular dan konsen jadi buyar. Orang yang rusuh kasak-kusuk juga akan menggangu konsentrasi. Tempat duduk yang paling aman adalah di depan atau di dekat pengawas.

9. Ketika mengerjakan soal, jika memang belajar serius, pasti semuanya kena. Jangan takabur dan congkak.

Bacalah soal dan jawab dengan hati hati. Gw pernah pengalaman, baca soal sekilas, ngga taunya yang ditanya ngga sesuai dengan apa yang gw kira, meskipun gw tau jawabannya. Jadi, fatal, skor gw nol di soal itu. Ketika sudah selesai, periksalah jawaban dan sesuaikan dengan pertanyaan. Hati-hati dengan kata “kecuali”….ini kata kata yang paling brengsek dan bahaya. Jangan terburu napsu untuk keluar kelas duluan, biasanya nih penyakit mau pamer pinter. Nyate eh nyante aje boz, Belanda masih jauh.,,yang dekat Jepang!

10. Last but not least, berdoalah kepada Tuhan supaya diberi kemudahan.

Usaha manusia untuk sukses, seberapapun kerasnya, jika Tuhan tak menghendaki, pasti tak akan tercapai. Jika semua tips gw dijalani, Jika semua tips gw dijalanin dengan baik, gw berani jamin Insya Allah bakal dapet nilai bagus! Amin

2 comments:

  1. Bagas Bagas..
    nihh kan katamu "8. Jangan duduk di dekat orang yang suka nyontek, panikan, rusuh, dsb."
    naah kaloo tempatt duduknya udah diatur [dikasih nomor absen] gmn? bdasarkan pengalaman sndri nih, aq duduk tuh jauh dari pengawas dan dideretan agak belakang, nah tmn yg di belakangku tuu sk nyontek aq! Kl aq lapor guru/ketua kelas, dia ngacam aq. Gmna? kasih saran ya.
    Please. hhe :))
    Okeh?
    Makasihh :))

    ReplyDelete

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas