8.16.2008

17 Agustus 1945

Apa siy hari kemerdekaan untuk kita?
Bermakna ga siy? Apa cuma sekedar seremonial sesaat dan maknanya dilupakan setelah acara perayaan usai?

Gw mau curhat dikit niy Sob!
Sebenernya gw sedih saat merayakan hari kemerdekaan..
Kadang ngilu karena berpikir, siapa yang berjuang dan sekarang siapa yang 'merdeka'
Siapa yang merasakan kemerdekaan seutuhnya dinegri ini? Anak cucu para pendiri negri atau anak cucu ribuan pahlawan yang tanpa nama atau orang yang jelas-jelas tau arti sejarah negri ini??!

Miris Sob.. kalo pergi liburan lebaran, tempat yang ramai dikunjungi anak negeri adalah tempat umum dan berjubel kea cendol dan minim fasilitas, sementara di hotel tempat gw nginep, orang pribuminya bisa dihitung dengan jari..

Pernah kita makan (atas undangan seseorang) di suatu hotel mewah di Jakarta Selatan yang nyaris semua bangkunya diisi oleh ekspatriat, sementara diluar, dilampu merah, gw liat jelas anak negri meminta belas kasih menghadang maut dipinggir jalan... Tragis!

Tapi suer, gw ga cemburu sama keadaan ini.. gw cuma cerita apa yang gw liat.. beginilah potret republik kita.. huhuhu.. tapi gw tau.. bahwa itulah kehidupan!

Dan gw sejak gw pindah ke tempat gw sekarang tahun 2000, gw selalu mencari keriaan hari kemerdekaan didaerah pinggiran, kenapa? karena di daerah gw, ga pernah gw jumpai keriaan dan antusias penduduk untuk menyambut kemerdekaan, gw harus mencari sampai ke Kali Malang atau ke daerah Gunung Sahari atau bahkan gw meminta mudik untuk ikut kemeriahan ini.. Jadi perayaan dan kemeriahan HUT Kemerdekaan RI adalah hal mewah yang mesti gw cari.

Gw pernah shooting film Ekspedisi Madewa didaerah Ciwideuy pas tanggal 17 Agustus, dan sumpah, itu meriahhhhhh banget, pake ada acara pawai segala.. bener-bener bikin iri! dan setelah itu kita ngadain upacara di tengah kabut dan dinginnya udara Kawah Putih.. Nikmat banget!.. bener-bener perayaan yang ga pernah bisa gw lupain!

Rumah gw itu terletak di daerah di Jakarta Selatan yang harga tanah dan rumahnya gila-gilaan.. Terus kadang gw bertanya, kenapa didaerah gw sepiii banget sama hingar bingar hari yang seharusnya menjadi hari yang special buat mereka? ga ada yang istimewa, masang bendera pun seolah suatu kewajiban!! Kenapa orang daerah lebih menghargai arti kemerdekaan dibanding didaerah gw? Padahal secara finansial, orang-orang didaerah gw, jelas lebih merasakan arti kemerdekaan dibandingin mereka yang didaerah, secara mobil mereka minimal 2 dan selalu keluaran terbaru, sementara orang didaerah kadang makan aja ga memenuhi standard gizi yang baik. Kenapa mereka yang lebih merdeka secara materi tidak menghargai arti MERDEKA secara keseluruhan.. Ada apa sebenernya!!

Dan untuk perayaan kemerdekaan tahun ini, gw mesti mencari kembali keriaan Kemerdekaan RI, Ribet memenag tapi my parent mau, semangat dan kerja keras para pahlawan terus melekat dibenak gw dan Ade.. dan bahwa perayaan dan kemeriahan Kemerdekaan ga pernah luntur didada kita berdua.. Karena mama sering ingatin bahwa setiap jengkal tanah yang gw injak, setiap barang yang bisa dengan mudah gw peroleh dan semua keamanan serta kebahagiaan yang gw rasain sekarang adalah jerih payah para pahlawan!!!

Buat gw perayaan Kemerdekaan kita bukan hanya sekedar upacara tanpa makna..

Bukan pula cuma pasang bendera sebagi simbol

Bukan pula hura-hura tanpa arti

Tapi jauh dari itu...
Buat gw, Kemerdekaan itu adalah terus berjuang dan kemerdekaan harus dijalani dengan serius karena kalo ga, gw akan tergilas dengan roda kehidupan..

No comments:

Post a Comment

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas