8.02.2008

Analisa Rekaman Black Box Adam Air


Dari situs ini dibicarakan analsi dari rekaman black box pesawat Adam Air yang jatuh dihari pertma tahun 2007.
Sungguh mengerikan..
Semoga kita semakin taat beribadah, mengingat kematian bisa datang kapan aja!

Kecepatan pada saat membentur laut adalah 1.134,390744 kilometer/jam dengan sudut kemiringan pesawat adalah 100 derajat ke kiri [100 degree Bank Right] dan sudut elevasi pesawat adalah mendekati 60 derajat [almost 60 degree nose down]

Quote:
Sebenarnya pilot sudah berusaha keras untuk mengangkat kembali hidung pesawat, terbukti dengan adanya catatan dalam black box dimana beban G Force pesawat yang tadinya minus 2.8 (saat menukik tajam) menjadi plus 3.5. Dapat dilihat disini perubahan G Force sebesar plus 6.3 yang menandakan adanya perubahan arah terbang.

Dari yang gw baca [karena gw bukan orang aviation] perubahan terjadi dari 3.5 g saat pesawat descending ke 2.8 g bukan karena pesawat berusaha dinaikkan oleh Pilot In Command, tapi karena ada kerusakan struktur karena pesawat Boeing tidak dapat menerima daya sebesar itu plus kecepatan yang diatas 1000 km/jam.

Dan yang lebih membuat gw kaget adalah :

Quote:
At the time of the accident, AdamAir did not provide their pilots with IRS malfunction corrective action training in the simulator, nor did they provide aircraft upset recovery training in accordance with the Airplane Upset Recovery Training Aid developed by Boeing and Airbus. In accordance with Civil Aviation Safety Regulations, Indonesian operators are required to provide training in emergency or abnormal situations or procedures. However, at the time of the accident, the Indonesian regulations did not specifically require upset recovery to be
included in their flight operations training
.

Upset Recovery Training SANGAT diperlukan untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan seperti yang terjadi pada Adam Air Flight 574 ini. Pilot dan Co-Pilot melakukan tindakan coba-coba untuk memindahkan IRS ke Mode ATT dimana Mode ini akan membuat Auto Pilot Offline dan mengakibatkan fungsi :
1. Roll Indication.
2. Horizon Scale.
3. Pitch Scale.
4. Sky/Ground Shading.


Dan mereka tidak melakukan pre-emptive action untuk memasukkan perintah menyeimbangkan kondisi tersebut [karena auto pilot off, beberapa control yang offline ini harus dikontrol manual oleh pilot]

Setelah kejadian ini, baru KNKT mewajibkan Upset Recovery Training dimasukkan sebagai syarat kelayakan terbang oleh Pilot / Co Pilot



Yang lebih membuat gw miris adalah :

Quote:
Survival The severity of the impact, and evidence including the wreckage distribution area and fragmentation of the wreckage, clearly showed that the accident was not survivable.

Ditengah harga-harga yang melambung tinggi.. miris bener melihat nyawa anak negri yang tak berharga!!

Semoga para korban diberi tempat terbaik di sisi-Nya

Dan semoga para pemimpin negara ini lebih dapat mempertimbangkan Safety Regulation dalam public transport di Indonesia!


No comments:

Post a Comment

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas