8.02.2008

Rekaman Black Box Adam Air




Ini dia rekaman yang terdengar di blackbox milik adam air sebelum dan saat terjadinya kecelakaan!!

Sedikit info tentang misteri hilangnya pesawat Adam air : Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelesaikan investigasi kecelakaan pesawat Boeing 737-400 PK-KI 574 milik AdamAir yang hilang di perairan Majene Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam. Hasil investigasi tersebut masih berupa laporan sementara yang akan disempurnakan setelah mengumpulkan analisis dari tujuh instansi terkait kecelakaan ini. Juru Bicara KNKT JA Barata mengatakan, laporan tersebut sudah diteken Ketua KNKT Tatang Kurniadi pada 17 Desember 2007 dan dibagikan kepada tujuh instansi terkait tadi, 19 Desember 2007. Ketujuh instansi tersebut adalah National Transportation Safety Board (KNKT dari Amerika Serikat) yang akan menyampaikan kepada Boeing sebagai produsen pesawat tersebut dan Federal Aviation Administration (FAA). Lalu, Australia Transportation Safety Beaureau (ATSB), Aviation Accident Investigation Board (AAIB), Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, AdamAir, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). “Kita akan tunggu analisis mereka selama 60 hari jadi sekitar Februari kita terima respons mereka,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Departemen Perhubungan, di Jakarta, Rabu (2/1/2007). Selanjutnya respons tersebut akan kembali dianalisis oleh KNKT selama sepuluh hari sebelum menyusun laporan akhir hasil investigasi. Barata memperkirakan, laporan akhir tersebut dipublikasikan paling lambat awal Maret 2008. Menurutnya, investigasi kali ini lebih rumit dibandingkan kecelakaan lainnya karena KNKT hanya bisa mengandalkan data dari kotak hitam yang terdiri atas flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR) yang diangkat pertengahan Agustus 2007 lalu. Kecelakaan AdamAir menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawatnya. Pesawat ketika itu mengangkut 96 penumpang dan enam awak pesawat.

Waktu gw denger rekaman ini gw langsung merinding dan kebayang klo gw berada di dekat mereka dalam kondisi seperti itu...di dalam rekaman ini terdengar suara-suara kepanikan dan teriakan ALLAHUAKBAR dari pilot dan co pilot sebelum dan saat pesawat jatuh ke permukaan laut dan akhirnya meledak... Mau denger? download aja disini!. Kalo yang males download filenya, versi youtube rekaman blackboxnya ada juga kok! (Dengan meneruskan hasil script yg ditampilkan oleh Bro Black_Jack,berdasarkan hasil pendengaran pribadi scr terus menerus pada rekaman tersebut. MOHON KOREKSI & TAMBAHAN kalo salah Sob!....)

Note: Isi rekaman percakapan di dalam kabin, diselingi percakapan antara petugas lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC) di Makasar dengan airlines lain yg menuju Airport Makasar (MKS) juga.. Saat itu Trigana Air dgn nomer penerbangan 161.

(WARNING sound) : PULL... Warning Sound??? Kalo menurut gw, seperti perkataan yg terpotong dr percakapan sebelumnya, yg tidak terikut dalam rekaman ini…..

Voice on DHI 574 cockpit (Suara Pilot & Co.Pilot Adam air)

Capt / Co.Pilot : ini ----
(Suara dari radio kamunikasi di Cockpit, antara ATC MKS-Makasar dgn Trigana Air)

ATC : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?
in the background (Suara Pilot & Co.Pil Adam Air)

Capt : ---- ----- headingnya.....ini posisinya dia, di sono....


Co.Pil : iya ..


Capt. : 21 mile..

TGN 161 : say again sir?


ATC : trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding… waiting for weather improvement?

TGN 161 : affirmative, we are make holding in the background

(Suara Pilot & Co.Pil):


Capt. : ujung pandang....?


Co.Pil. : Yes??


Capt. : ujung pandang jelas?


ATC : roger, trigana 161, now fly heading... ee... two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra...
(Voice on DHI 574 cockpit..)

Capt. : aiyyah.... cuaca di mike kilo sierra (MKS: Makassar Airport…) ampun deh…!


TGN 161 : ---- heading 260, 15 miles holding, trigana 161
(Voice on ADAM AIR DHI 574 cockpit)

Capt. : loh, ini DMEnya diyee... ???

Co.Pil : Iya… makanya itu, Capt….ngaconya disitu!


Capt : Bukan… Ini Mike Kilo Sierra?? (MKS: Makasar Airport)


Co.Pil : iya… …. …. …..


Capt. : Tapi… ge….mm……
(Tiba-tiba ATC MKS memanggil dr radio komunikasi)

ATC : adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?


DHI 574 : Adam 574, affirm, maintaining 070...
(Voice on ADAM AIR DHI 574 cockpit)

Capt. : Berarti ga jelas….


Co.Pil : Bearing 074, mach 74….


Capt. : anginnya dah mulai normal lagi ?


Co.Pil : iyah……
(Percakapan Co.Pil ADAM dgn ATC-MKS)

Co.Pil : Syahrizal confirm? (Pilot asking for ATC's name)
selamat tahun baru mas....

ATC : Gatut
ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah....

Voice on DHI 574 cockpit :


Capt. : ----Gue liat tadi ---- ---- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini

Co.Pil : Iya…. Ngaco ni, Capt….bener…..


Capt. : dah ngaco dah emang ...dah ngaco. Udah mulai kapal bambu deh. Mendingan kita percaya ama ini aja deh... hehehe...

Co.Pil : iyalah....
---- Ga bisa ----siapa-siapa nih….

Capt. : makanya…


Co.Pil : terlalu jauh banget
___noise___

Capt. : salah lagi ini dia....----- -----

Co.Pil : iya nih… Ccck! Capt : coba.. tolong confirm posisi aja…

Co.Pil : Ok! Capt. : confirm on radial sekian.. 124 DME gitu (on the background, FO calling ATC)

ATC : go ahead

---- :---- ----

DHI 574 : roger... adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra
Voice on DHI 574 cockpit : ok..... that's confirm... that's confirm Affirm -----

Co.Pil : iya khan.. ngaco

Capt. : ngaco FIDSnya udah ----, FMSnya…
FMS telah mengacaukan dirinya sendiri... UEDANN opo... oi terbangnya melanglang buana eh....

TGN 161 : trigana 161, maintain visibility now


ATC : standby one (Voice on DHI 574 cockpit)

Co.Pil : Manual aja, Capt..yah


Capt. : coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh terbangnya… pake IRS’nya taro di attitude

Co.Pil : yes


TGN 161 : Trigana 161 request visibility now?


ATC : standby one
TGN 161 : standby (Voice on DHI 574 cockpit)

Co.Pil : masuk ke….??


Capt. : fail aja
Co.Pil : fail?

Capt. : yah, vault aja deh ..


Co.Pil : Vault aja ya….
----

Capt. : Ni taro di attitude (or altitude) aja nih


Co.Pil : Other’s more Problems???


Capt. : ---- ----- attitude (or altitude) nggak..

Co.Pil : yang left (or NAV??)


Capt. : iya...
Arah angin dan headingnya saja, masukin ini ya ..

ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

TGN 161 : copied, trigana 161 Voice on DHI 574 cockpit

Co.Pil : ---- SELCAL dan altitude??


Capt : masukin ini
Co.Pil : heading brapa nih, Capt? zero... zero seven nine yah??

Capt : iya
masukin ini keatas

Co.Pil: : ---- ------


TGN 161 : trigana 161, request ILS.. visual at runway 13


ATC : trigana 161, ee.. roger make left turn now, heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13
Voice on DHI 574 cockpit

Co.Pil : ini, Capt?


Capt. : taro NAV lagi....
(in the background, warning sound .... bank angle....)

TGN 161 : trigana 161, ....descent to two thousand confirm?
(in the background, warning sound .... bank angle.................... bank angle....) Voice on DHI 574 cockpit

Capt : taro NAV lagi, taro NAV lagi....


ATC : affirm
(in the background, warning sound .... bank angle....)

TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161
(in the background, warning sound .... alarm.... sounds like button disengage) (Continue..) Voice on DHI 574 cockpit

Co.Pil : yes?


Capt. : taro NAV lagi !!!
(in the background, WARNING sound .... bank angle .... WARNING alarm)

Capt : taro NAV lagi !!


Co.Pil : NAV!...... ok, Capt?


Capt. : JANGAN DIBELOKIN! Nih... kita ---- ----- !!!! (suara Capt. meninggi…. mengira Co.Pil yg membuat kemiringan)

Co.Pil : captain, captain, captain...
(WARNING sign.... ticking....)

Co.Pil : aduh Capt, Capt, Capt....


Capt : iya, iya...!
Allahuakbar....... Allahuakbar........ Allahuakbar…….. Allahuakbar........

DHI 574 : Mayday.....

Voice on DHI 574

Cockpit : argh...
Allahuakbar.... Allahuakbar.... Allahuakbar....

DHI 574 : MAYDAY… MAYDAY…!!


Voice on DHI 574 cockpit : Allahuakbar....Allahuakbar....
(…sounds like windshied/ rudder kracking…?????) argh... Allaaaaaaaaaaaaaaaaaahuakbar....


NB : - DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion) - Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang - ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP). - DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu. - DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation). - FO = First Officer…. Copilot. - FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

File dr KNKT potongan final report PK-KKW..
The descent between recorded data altitudes of 35,008 feet and 9,920 feet took 75 seconds, giving an average vertical speed (rate of sink) of 20,070 feet per minute. The maximum recorded rate of descent was 53,760 feet per minute at 06:58:48.Between 06:58:42 and 06:58:57, the average rate of descent was 46,88 feet perminute, and between 06:59:01 and 06:59:12 was 24,576 feet per minute. artinya kira2: kecepatan pd saat turun dr ketinggian 35008 kaki ke ketinggian 9920 kaki "cuma" memerlukan waktu 75 detik..dan terekam kecepatan turunnya (rate of descent) adalah 53.760 kaki permenit(normalnya pesawat mempunyai rate of descent cuma 2000 kaki permenit) Ya Allah gak kebayang gimana tuh pesawat menghujam kebumi dengan kecepatan segitu...


Sementara itu, pakar telematika Roy Suryo mengatakan, rekaman percakapan yang kini beredar di internet perlu dicermati lebih detail. Jika ada indikasi rekaman tersebut benar, perlu ada rekaman suara lain dari video atau rekaman pilot atau kopilot AdamAir tersebut untuk dijadikan pembanding. ”Mungkin bisa minta bantuan pihak keluarga apakah ada rekaman video atau percakapan lain yang sempat direkam. Dari situ, kemudian bisa dianalisis untuk dicocokkan suaranya,” kata Roy kemarin. Jika benar,KNKT dua kali kecolongan setelah beredarnya insiden rekaman pilot pesawat Garuda yang jatuh di Yogyakarta Maret 2007 lalu. Namun, jika rekaman tersebut rekayasa, Roy menyayangkan perbuatan orang yang melakukan aksi tersebut. ”Kan kasihan keluarga korban,”ujarnya. Dari analisa sementara Roy, ada suara altimeter dari pesawat yang berbunyi terus-menerus. Jika pesawat menukik tajam, altimeter akan berbunyi keras dan berulang-ulang.

Dari berita yang gw baca disitus ini. Disitu ada artikel ttg kata2 Pilot, yg dituturan oleh salah seorang tim KNKT yg sama persis sama rekaman punya TS... ini salah satu bagian artikelnya "Jangan dibelokin, jangan dibelokin," kata pilot AdamAir Majene Revri Agustian Widodo kepada co-pilot Yoga 1 Januari 2007 lalu. Pilot tidak sadar bahwa pesawat itu berbelok tanpa ada yang mengendalikan......." artikel ini dimuat di detik tgl 25 maret 2008, jauh sbelum blackbx ini bocor ke publik... asli gw dengerin ini, sedih dan merinding bgt..

Gw coba nganalisa dari yang gw denger aja nih di rekamannya.. Pada awal2 gw dengerin mereka masih berusaha untuk align actual position, mereka lagi ngomongin DME yang beda MKS (Mike Kilo Sierra) Makassar, bisa didenger dari kata2 capt "makanya gue liat lagi kok DME nya beda sama DME gambarnya ini, udah ngaco dia emang, udah mulai kapal bambu ini, mendingan kita percaya sama ini aja deh.." Ada kata2 capt juga yang bilang, "FMS telah mengacaukan dirinya sendiri" terus ada kata2 "gue (kalo gak salah denger) terbangnya melanglang buana" Mereka coba untuk terbang manual ada kata2 capt yang bilang "coba ini aja, aaaaa gue pake ini aja deh terbangnya, pakeeee IRS nya taro di attitude", copilot "yes"...... capt "taro di attitude aja deh", copilot "yang left?" pada saat itu terdengar autopilot disengage, karena otomatis kalo IRS di switch ke ATT autopilot bakal mati... Pada saat autopilot mati mulai kedengeran alert "bank angle" yang artinya pesawat terlalu miring ke kiri ato ke kanan melebihi batas wajarnya.. kayaknya mereka gak sadar, soalnya capt nya teriak panik "jangan di belokin nih!" Disitu suasananya udah mulai kacau dan panik kayaknya, kedengeran dari suara copilot yang ngadu ke kaptennya "captain captain captain" pada saat itu terdengar juga suara peringatan kalo pesawat overspeed, terdengar lagi aduan si copilot "aduh capt capt capt.. yah yah" sisanya mereka ngucap "allahu akbar" pasrah, dan sisanya teriak diiringin suara windshield yang makin kenceng, dan mungkin ada body pesawat yang udah patah karena gak kuat nahan beban pesawat.. Betul2 mengiris hati.. Semoga ini jadi pelajaran berharga buat kita semua jangan sampe ada kejadian kayak gini lagi..


Kalo buat orang awam pasti seremnya pas terakhir doang..., tapi buat yg ngerti dari tengah itu uda horror...,mulai dari nada suara mereka yg sudah stress dan dongkol sama pesawatnya, terus pas utak atik IRS panel ( overhead ), mungkin mereka berdua cuma konsentrasi ke atas,gak peratiin stby indicator, pesawat miring tanpa terasa dalam kecepatan tinggi ,800 kmH..., tiba2 "bank angle, bank angle" itu sudah telat, terlalu miring, gak terkoreksi lagi.......
MARI BERDOA SEMOGA ARWAH PARA KORBAN DITERIMA DISISI ALLAH DAN SEMOGA KEJADIAN SEPERTI INI TIDAK TERULANG LAGI DI IBU PERTIWI! AMIN!.....

No comments:

Post a Comment

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas