8.07.2008

Dinosaurus Tumbuh Cepat Agar Tak Dimakan



Dinosaurus bermoncong bebek yang menjadi makanan favorit Tyrannosaurus Rex tumbuh "gila-gilaan" dari telur hingga dewasa untuk mencegah dirinya menjadi mangsa predator ganas itu. Demikian hasil penelitian yang diumumkan Rabu (6/8).

Dinosaurus jenis Hypacrosaurus tumbuh tiga hingga lima kali lebih cepat dibanding semua pemangsanya, termasuk T-rex. Mereka juga memiliki anak dalam usia muda agar populasinya cukup banyak untuk menjaga keberadaan jenisnya.

"Saat dinosaurus berparuh bebek tumbuh dewasa, T-rex baru separuh tumbuh," kata peneliti Drew Lee. Begitu dewasa, dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup antara 67 juta hingga 80 juta tahun lalu itu menjadi sebesar T-rex yang tingginya lebih dari 9 meter. Namun mereka tidak memiliki tanduk atau perisai untuk mempertahankan diri.

Oleh karenanya mereka mempertahankan populasi dengan tumbuh sangat cepat, yakni 10-12 tahun dari bayi menjadi dewasa, dibanding T-rex yang perlu 20-30 tahun. "Kami sungguh terkesan dengan kecepatan tumbuh mereka," ujar Lisa Cooper, seorang mahasiswa doktoral di Universitas Negeri Kent di Ohio.


Adapun para peneliti mengukur kecepatan tumbuh itu berdasar bagian tulang kaki mereka yang memiliki cincin-cincin seperti pohon yang merupakan indikator usia berdasar tahun. "Bila kita lihat potongan melintang tulang dari bayi dinosaurus, tampak jarak besar yang menunjukkan pasokan darah di mana mereka tumbuh sangat cepat," tambahnya.

Hypacrosaurus juga bereproduksi lebih cepat dan mencapai kedewasaan seksual pada usia dua atau tiga tahun. "Ini adalah salah satu keuntungan dalam mempertahankan populasi dan keberadaan jenis itu."

WSN
Sumber : LIVESCIENCE

No comments:

Post a Comment

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas