8.27.2008

Tambah Video di Blog

Pengen juga bisa posting ditambah dengan video, cari-cari tau caranya akhirnya dapatlah..

Tentu yang pertama kali perlu disiapkan adalah file video. Diantara jenis file video yang diijinkan adalah AVI, MPEG, QuickTime, Real, dan Windows Media. Bagaimana dengan file 3GP? jenis file yang sering kita simpan dalam telepon genggam yang kita miliki. Mengapa tak disebut? lalu bagaimana bila punya file 3gp yang patut kita sebar melalui blog?

Untuk keperluan spesial seperti ini, kita memerlukan bantuan piranti lunak untuk mengubahnya ke bentuk file yang bisa diterima pihak Blogger. Cobalah googling dengan kata kunci "3GP converter". Pilih yang sekiranya freeware agar tak diusik pihak yang keberatan dengan permasalah digital copyright.

Sulit menentukan pilihan ? Cobalah 3GP Converter. File ini bisa diunduh di http://www.videohelp.../3GP_Converter. Ukuran filenya pun ringan, hanya 3.48 MB.

Setelah menyimpanya dalam hardisk lokal, perlu meng-extractnya agar mendapatkan file Setupnya. Temukan file Setup.exe dan klik ganda untuk menginstalnya. Selanjutnya bila terbuka jendela mini dengan huruf yang tak dimengerti, cobalah ganti saja ke bahasa Inggris.

Setelah itu perhatikan kolom diatasnya, akan ada perubahan di bagian tipe konfigurasi file.


Kali ini coba pilih general : AVI, MPEG4 general Setting. Lalu tekan apply. Lanjutnya akan muncul jendela baru seperti ini.



Pertama tentukan output directory. Biarkan opsi QVGA Normal quality 15fps Mono pada bagian General:AVI, MPEG4 General Setting tetap terpilih. Lalu seret file 3GP di bagian Drag&Drop files here. Biarkan sejenak menunggu proses berlangsung. Setelah selesai cek di direktori yang telah ditentukan sebelumnya. Sudah ada? ok...

Selanjutnya tambah file AVI ini ke dalam postingan. Temukan ikon unggah video

dibagian tolbar editor. Setelah jendela onthefly muncul,



klik tombol browse untuk mencari file yang baru saja kita ciptakan. Beri penamaan pada Judul Video. Tak lupa beri tanda centang pada radio button "saya setuju dengan syarat dan Ketentuan Meng-Upload". Bila selesai tekan UPLOAD VIDEO. Begitu kembali ke editor blogger, kita bisa saja menambahkan konten teks bila memang diperlukan.
Tekan Mempublikasikan Posting untuk mengakhiri.

Nah, berikut contoh file video yang akan muncul (pastikan Flash Player telah tertanam di browser yang kita gunakan) :
Yukk...sama-sama mencoba! hehehe

1 comment:

Makasi dah tinggalin comment!

Template dibuat oleh : irshadi bagas